Minggu, 08 Desember 2013

Korban Game


            Sesuai dengan judulnya, gue bakal ngasih tau lo tentang semua pengalaman gue jadi korban game.Jadi, bagi lo yang belum pernah maen game-game terkenal kaya Need for Speed, Pro Evolution Soccer atau yang lainnya. Gue saranin lo buat lewat cerita gue yang ini, karena percuma lo baca panjang-panjang tapi gak ada yang lo ngerti.Satu lagi saran gue, jangan galau cuman gara-gara gue suruh lo lewatin cerita gue yang ini. Keep calm and calm!
Oke, Lo pernah maen game balapan kan? Wah asyik banget tuh. Lo juga tau kan setiap kali lo maenin game itu, pernah gak lo berhenti ke pom bensin buat ngisi bensin mobil lo? Bayangin aja mobil lo belok ke pom bensin waktu lagi asyik-asyiknya balapan. Lo ngantri di jajaran bensin premium karena lo gak punya biaya buat beli yang pertamax. Orang-orang ngeliatin lo! Maaf, maksud gue mobil lo.Mungkin mereka gak yakin dengan wajah lo.Wajah lo tidak memiliki standar untuk memiliki mobil ceper bertato dan bercat mengkilat.Tapi mereka akan berhenti ngeliatin lo ketika mereka akhirnya  berpikir kalo lo cuman supir yang sombong. Lo buka jendela depan mobil lo supaya wajah lo keliatan. Bahkan kaca sama wajah lo masih mendingan kaca.
Teruspernah ga lo tabrakan di saat kecepatan mobil lo maksimum, dan lo luka-luka. Mobil lo ancur! Berkeping-keping. Rodanya coplok, spionnya mental dan kacanya pecah.Tapi boro-boro, mobilnya gak gores sama sekali kan? Malah mobil yang lo tabrak yang ancur! Lo mah lempeng aja balapan lagi.
Dan pernah gak lo balapan di jalan yang berkawah.Maksud gue, jalannya penuh lubang.Lubang yang terisi oleh air.Dan saking dalamnya lo bisa buka kolam pemancingan disitu. Gak pernah kan? Ya, lo bayangin aja kalo jalannya berlubang. Mobil ceper lo bakal nyangkut disitu, dan sampai kiamat pun gak akan ada yang nolongin atau benerin itu jalan. Kenapa? Karena yang lain juga punya masalah yang sama, NYANGKUT!
Tapi walaupun gue gak pernah mati setiap gue maenin game ini.Gue selalu mengutamakan keselamatan. Gue kalau maen game ini selalu pake helm! Iya, walaupun gue tau ini game balapan mobil. Gue juga selalu bawa SIM dan STNK gue kalo maenin game ini.Ya, buat jaga-jaga kalo suatu saat gue ditilang di tengah jalan.
Nah karena itu gue suka banget game balapan.Saking sukanya, gue pernah punya niat balapan di dunia nyata.Gue ingin ngerasain tuh balapan di jalanan. Gue pun ngajak temen-teman gue yang suka maen game balapan juga.Gue pake mobil combi nenek gue.Gak lupa gue beli permen karet yang hadiahnya tato buat ngehias mobilnya. Ya lo pasti tau kan tatonya, looney tones atau ga barbie.
Gue ngumpul di jalan kosong yang gak terlalu jauh dari jalan raya.Gile, temen-temen gue bawa mobil-mobil keren.Yang satu bawa BMW dan yang satu bawa Mercedes.Tapi temen gue yang satu lagi membuat gue terpesona.Dia bawa mobil balap asli. Bukan Ferarri, tapi lo tau kan? Mobil Angkot! ANGkutan Khusus Orang Tajir. Gak cuman itu, mobilnya lengkap dengan tato bertuliskan “Do’a Ibu” Gue makin pesimis aja, harusnya gue pasang tato yang sama kerennya di mobil VolksWagen gue. Ya, mungkin “Do’a Nenek” atau semacamnyalah.
Akhirnya gue mulai balapannya.Awal-awalnya sih asyik, tapi kemudian semuanya ancur! Boro-boro ngebut, kecepatan gueterhenti di nol kilometer per jam. Bayangin, balapan macam apa itu? Gue berhenti bukan gara-garalampu merah.Kalo lampu merah sih gue mau maksain maju biar ketegangannya nambah kaya di gamenya. Tapi ini semua gara-gara macet!Sumpah, sebagai pembalap gue malu. Gue kalah cepet sama sepedah ontel.
Lo tau kan? Mobil combi kalau di bawa macet.Mesinnya bakal cepet panas.Gue rasa ini waktunya gue aktifin nitro. Tapi gue batalin niat gue karena takut ngegores mobil plat merah di depan gue.Setengah jam gue diam di tempat. Kalo ini didalam game, mungkin ini bagian loading atau kaset gamenya error.Temen gue yang tadi bawa angkot nelepon gue.Dia bilang dia gak jadi balapan gara-gara dia harus setoran dulu.Yang bawa BMW juga nelepon gue.Dia bilang masa sewa mobilnya udah abis.Dan yang bawa Mercedes gamau kalah, dia juga nelepon gue.Dia bilang “tolongin gue, gue di tangkap polisi gara-gara ketauan maling mobil tetangga gue”.Wah, ini gak bakalan bener. Masa gue balapan sendiri, akhirnya gue hentiin balapannya dan sejak saat itu gue gak suka maen game balapan lagi.Soal temen-temen gue?Yah mungkin bisa ditarik satu kesimpulan. GAME OVER!
            Dikecewakan game balapan, gue akhirnya nyoba game olah raga. Pertama gue nyoba game maen bola. Waduh, sumpah gampang banget.Gue sebagai lelaki yang cinta tantangan merasa dilecehkan oleh game ini.Masague pake Wigan Athletic bisa menang 12-0 lawan timnas Spanyol.Bohong?Sumpah, gue gak bohong.Kalo lo penasaran dan gak percaya sama gue, nih gue kasih tau caranya. Waktu maen sendiri, lo pilih yang tulisannya “2 player”.Gue jamin lo pasti menang. Tapi satu pesen gue, cara ini jangan pernah lo pake di rental PS!
            Gue sangat menghayati setiap game yang gue maenin. Setiap gue maenin game ini gue selalu pake sepatu bola dan jersey lengkap dengan perlengkapan yang lainnya.Waktu bolaada di striker, gue pake baju striker.Tapi waktu bolanya ada dikiper. Gue pause game nya terus ganti baju dan gak lupa pake sarung tangan. Kenapa?Biar gak pelanggaran lah.Masa striker nangkap bola?
            Gara-gara menang mulu setiap maen game ini.Gue coba nantang temen gue yang katanya jago maenin game ini.Seperti biasa, gue pilih yang “2 Player”. Dan ternyata skornya sama aja. Wigan Athletic lawan Timnas Spanyol, 12-0.Tapi sedihnya, gue yang pake Timnas Spanyol.Gue kalah, mungkin salah satu alasannya adalah karena gue pake jersey Timnas Indonesia.Tapi, satu kesimpulan gue, Wigan Athletic bakal jadi juara liga Inggris tahun ini.
Merasa senang bermain game bola.Gue jadi ikut sekolah sepak bola.Gue ngambil posisi STIKER. Lo pasti gak ngerti! STIKER tuh penyerang, itu juga kata pelatih gue.Jadi kalo lo beli permen yang hadiahnya dapet STIKER, jangan lo beli.
            Gue merasa jago karena gue bisa jawab semua pertanyaan pelatih gue. Gue inget waktu dia nanya sama gue gimana cara menendang bola yang baik? Itu sih pertanyaan gampang, gue langsung aja jawab “Tinggal pencet kotak” Dan gue inget waktu dia nanya, apa yang bakal gue lakuin kalo tim gue kalah? Gak banyak mikir, gue langsung jawab “Pencet SELECT terus pilih RETURN TO TOP MENU, udah itu tinggal ulangi pertandingannya”.
Gue yakin gue bakal jadi pemain favorit pelatih gue.Tapi akhirnya gue sadar, pelatih ngeluarin gue.Gue sih positif thinking aja, gue pikir pelatih gak sanggup ngelatih pemain sehebat gue, makanya dia ngeluarin gue.Gue akhirnya keluar dari sekolah sepak bola dan gue keluar dari kebiasaan gue maen game bola.
            Dari game bola, gue beralih ke game pelayan restoran. Lo tau kan gamenya. Tapi gue gak suka game ini. Bukan karena gambarnya yang masih kartun, tapi gue jujur aja game ini susah dimaenin. Apa ini pertanda gue gak cocok jadi pelayan? Berarti kalo lo jago banget maen game ini, gue saranin lo buat nyari kerja ke resto-resto. Tapi gue juga nyaranin lo supaya ngawalin karir lo dari resto yang murahan dan gak terkenal. Nanti kalo lo udah naek level baru lo boleh pindah resto.
            Karena maen game dinner dash….. oops…. Keceplosan.Maksud gue, karena maen game pelayan restoran terlalu susah buat gue. Gue nyoba game tembak-tembakkan zombie! Serem nih! Gue selalu sendiri setiap gue maenin game ini.Pertama memang karena gue pemberani. Kedua, karena gue berpikiran kalo gue maen sama orang lain, bisa jadi orang lain itu adalah zombie.
            Gara-gara maen game ini, gue jadi merasa kalau dunia sudah tidak aman lagi.Gue jadi takut tidur dalam keadaan lampu mati.Dan gue takut kalo gue gak mimpi waktu gue tidur.Kenapa? Cuman satu alasannya, gelap! Akhirnya gue mutusin buat ngambil langkah yang sama kaya orang yang ada di game yang gue maenin. Gue harus bantai semua zombie-zombie itu.
            Gue berangkat ke toko senjata di deket rumah gue. Nama toko senjatanya “Toko Mainan Anak Aktif” Mungkin pemiliknya sengaja ngerahasiain nama tokonya jadi toko mainan. Gue tau, resikonya sangat besar kalo semua orang tau itu toko mainan…ooops….. keceplosan lagi. Maksud gue toko senjata.
            Gue beli senjata paling mahal disitu.Ya lo pasti tau, harga paling mahal di situ cuman nol koma nol nol nol nol nol nol nol satu persen dari kekayaan gue.Gue sih gak mau sombong, tapi kayanya lo perlu tau kalo kemarin gue beli rumah di Amerika, Brazil dan gue beli hotel di Australia.
            Waktu gue kasihin uang gue.Sumpah itu penjual miskin sombong banget.Dia nolak duit dari gue.Dia bilang kalo duit gue maenan.Ya udah, gue bilang kalo yang dia jual juga maenan, ya pantes dong kalo dibayar pake uang maenan.Tapi penjualnya malah marah-marah.Gue bilang kalo ini semua buat ngebasmi zombie, eeee dia malah makin marah.Gue pikir kayanya penjual itu zombie.Cepet atau lambat dia pasti manggil temen-temennya.Daripada celaka, gue langsung kabur aja.
            Dirumah, gue merasa terancam.Salah satu dari zombie itu udah tau rencana gue.Gue harus nyari tempat persembunyian baru.Dan gue masih belum punya senjata.Akhirnya gue pergi kedapur.Mungkin tusukan garpuh alumunium bisa melumpuhkan zombie.Gue juga ngambil beberapa makanan dari kulkas buat cadangan makanan gue, selama gue jauh dari rumah.Dan sebelum pergi, gue bikin surat kepergian buat nyokap gue.
            Buat mama
                        Mama, aku akan pergi dari rumah. Hanya sebentar,
tapi tidak menutup kemungkinan aku akan pergi selamanya.
Jika Mama bertanya kemana aku pergi? Aku hanya bisa jawab,
            mungkin ke tempat yang Mama belum tahu sebelumnya.
                        Tidak usah khawatir Ma, aku sudah dewasa.
            Ya, walaupun aku tahu aku akan sedikit kesusahan ketika celanaku
            basah di malam hari. Tapi aku akan mencoba mandiri.
Bila Mama masih seorang manusia, harap mendo’akan aku.
            Tapi jika Mama sudah menjadi zombie, Mama tetap Mama terbaik untukku.
                        Tidak usah jawab suratku ini. Karena aku tidak yakin, tempat baruku
            Memiliki kotak surat.

            Anakmu,
            Harapan terakhir dunia ini.
                       
            Air mata menetes dari mata gue waktu gue nulis surat kepergian itu. Tapi gue gak akan batalin niat gue buat ngebasmi zombie-zombie yang semakin merajarela. Ini bukan waktunya minta pelukan hangat dari Mama.Ini juga bukan waktunya baca SMS.Tapi ini waktunya shalat ashar.Ya udah gue shalat dulu di masjid sebelum pergi memulai kehidupan baru gue.
            Gue baru beres shalat ashar. Gue salaman sama pak ustadz sambil minta do’a restu. Pak Ustadznya nanya, do’a restu buat apa? Gue berpikir dulu sebelum menjawab.Ini sesuatu yang tidak biasa dilakukan oleh seorang Pak Ustadz.Apa mungkin Pak Ustadz juga sudah menjadi salah satu zombie yang mau gue bantai? Tadi gue liat, Pak Ustadz gak baca qur’an seperti biasanya. Apa mungkin Pak Ustadz lagi datang bulan? Gak mungkin, dia kan laki-laki. Ah, gue gamau negative thingking sama Pak Ustadz, takut kualat. Gue jawab aja, buat menumpas kejahatan.Pak Ustadz cuman senyum sambil membelai janggutnya.
            Gue pergi dari masjid, gue buka peta Provinsi Jawa Barat dan mencoba mencari letak keberadaan gue di peta itu. Tapi susah banget, di situ gak ada tulisan “Masjid Al-Huda” apalagi tulisan “Rumah Gue” Mungkin gue sudah terdampar di tempat yang tidak diketahui keberadaannya oleh satelit atau bisa disebut, dunia lain.
            Gue cek hape, dan ternyata tidak ada sinyal.Hanya ada tulisan, masukkan kartu SIM anda.Gue semakin khawatir karena gue gak bawa SIM, gue cuman bawa STNK. Gue lapar, gue buka tas yang tadi gue isi makanan. Didalamnya ada roti stroberi.Gue makan rotinya buru-buru.Karena gue takut aroma sedap stroberi bisa memanggil zombie-zombie vegetarian.
            Gue berlari secepat yang gue bisa.Tapi, gue berhenti.Gue kebelet kencing.Gue berputar-putar mencari WC umum, tapi tidak ada satu pun. Akhirnya gue nemu pohon besar disudut taman yang sepi. Mungkin itu adalah WC umum bagi orang-orang yang kebelet kencing seperti gue. Tapi gue tau kalau itu sebuah jebakan yang zombie buat biar gue kejebak di taman yang sepi itu.Gue akhirnya mutusin buat kembali kerumah mengeluarkan beberapa beban yang gue bawa untuk beberapa waktu.
            Dirumah, gue langsung berlari ke arah dimana WC menanti. Disitu gue melakukan apa yang seharusnya gue lakukan. Tapi, kemudian gue liat ke kaca.Disana ada wajah letih dengan bercak-bercak merah disekitar mulutnya. Wajahnya seperti zombie yang sering gue liat di game yang gue maenin. Ini raja zombie yang gue cari-cari. Membunuhnya sama dengan membunuh semua zombie yang ada. Tapi, gue tau kalau apa yang ada di kaca adalah refleksi dari orang yang melihatnya. Berarti raja zombie itu adalah GUE.Gak mungkin?Gue coba jilat bercak-bercak merah yang ada disekitar mulut gue. Dan rasanya manis. Ternyata benar, gue adalah zombie.Gue suka darah dan bodohnya gue punya renaca membantai zombie    yang ternyata gue rajanya.Terpaksa gue membatalkan niat gue membasmi zombie.Gue sekarang sadar, siapapun kita? “Kita harus menghormati kehidupan mahluk lain, karena mereka juga punya hak untuk hidup” (Dikutip dari HAZ (Hak Asasi Zombie) pasal 1 ayat 1)
            Gue keluar dari WC.Gue liat ibu gue menghampiri gue. Dia nanya “ loh, jadi tempat yang mama belum tahu sebelumnya tuh WC?”
            Denger kata-kata nyokap gue, gue cuman ketawa, gue minta maaf sama nyokap gue soal surat yang gue buat. Gue nyeritain semuanya, termasuk memakai uang monopoli sebagai alat pembayaran yang gue anggap sah. Nyokap gue Nampak pusing, tapi dia bilang sama gue. “Besok ikut sama mama ke suatu tempat!”
            “Kemana, ma?”Tanya gue.
            “Ke tempat yang kamu belum tahu sebelumnya!”Jawab nyokap gue.
            “Bukan WC kan ma?”Tanya gue.
            Nyokap gue ketawa, terus pergi ninggalin gue. Besoknya, gue diajak nyokap gue ke suatu tempat.Pokoknya jauh dari rumah gue dan masjid Al- Huda. Gue tanya, ini dimana? Nyokap gue cuman bilang “Rumah Sakit Jiwa”.
            Waduh, mungkin cerita selanjutnya bisa lo sendiri yang lanjutin. Kalo lo bisa ngelanjutin, berarti lo gila. Eeee maksud gue berarti lo hebat.Mungkin itu aja yang bisa gue ceritain tentang pengalaman gue jadi korban game. Ya, meskipun 99,9% cuman karangan. Tapi lo harus tau kalo 00,1% tuh kebenaran. Ya mungkin cukup, sebelum lo juga ketularan gila haha.
           

0 tanggapan:

Posting Komentar

Siapa Saya?

Foto saya
Anak ke 2 dari 8 bersaudara. Berebut kasih sayang sudah dia rasakan sejak kecil. Terlihat pendiam. Tapi jangan salah, kalau sudah kenalan. Siap-siap lupa dengan kata 'pendiam'. Orangnya tidak terlalu peduli pada penampilan, tapi sering ganti-ganti gaya. 'Karena inilah hidup, mau tak mau kau diperhatikan' ucapnya. Oh iya, janga lupa follow twitternya di @sofwanfaza
Faza Sofwan A. Diberdayakan oleh Blogger.